Senin, 21 Maret 2016

Cari Tau Penyebab Vario Bergetar, slip di Awal Akselerasi

Selamat Malam
Sudah cukup lama admin tidak posting, oke sesuai judul admin mau share berdasarkan pengalaman admin dan pengalaman keluarga VRS lain nya.
Pada motor matic dan pengguna matic khususnya vario pasti sudah akrab mendengar atau merasakan motornya bergetar 'gredeg gredeg' meskipun skala nya masih kecil. Hal tersebut sebenarnya sudah lumrah dialami pengguna matic khususnya baik dari merk Honda atau merek. Namun hal tersebut bisa saja kalian atasi dengan sedikit mengganti spare part. Nah kali ini admin mau membantu kalian. 
Jadi beberapa waktu lalu motor Vario admin sedikit menunjukan sedikit gejala, yakni getaran di bagian cvt. Admin langsung ke bengkel yang kebetulan masih milik dulur keluarga VRS. Setelah beberapa kali percobaan motor Vario admin segar kembali.
Untuk bisa mengatasi gejala ini maka beberapa spare part yang harus kalian cek terlebih dahulu sebelum eksekusi.


1. Rumah Kampas Ganda
www.tokopedia.com/slvrshops

Poin ini paling sering terjadi dibeberapa motor, kasus pada part ini dikarenakan kebiasaan pengguna atau pemilik motor menarik gas nya secara spontan dari nol km/h pada saat mesin pertama dihidupkan (belum di panaskan terlebih dahulu). Hal sepele ini sebenarnya cukup fatal karena harga dari spare part ini yang lumayan mahal hehehe.
www.warungdohc.com
Kebiasaan membetot gas pada saat motor pertama dihidupkan menyebabkan dinding bergelombang dan menyebabkan grip sentrifugal yang dihasilkan kampas ganda berkurang atau telat. Sebelum kalian eksekusi pada part ini kalian bisa cek terlebebih dahulu apabila terdapat gelombang pada dindingnya maka kalian bisa mengganti atau menghamplas bagian dinding. namun perlu diperhtikan apabila kalian menghamplas maka akan mengurangi umur pakai spare part ini. 

2. Kampas Ganda / Clutch
otomotifnet.com

Kalian yang suka kebengkel dan melihat proses nya pasti pernah liat ini, atau spare parts paling atas tersebut adalah kampas ganda. Letak spare part ini berada di bagian pulley belakang. Sudah sangat jelas dampak yang di timbulkan bila ada kendala pada kampas ganda mengingat komponen ini tidak dapat terlepas dari komonen lain nya pada cvt. 
www.motorplus-online.com

Hubungan dengan judul diatas adalah kendala yang ditimbulkan apabila kampas ganda haus/habis, sudah jelas akan terjadi slip/gredeg pada cvt. Namun kalian tidak bisa begitu saja menjudge spare part ini mengingat umumnya spare part ini bisa dipakai hingga 1 X 5 Tahun pemakaian normal. Maka cek terlebih dahulu.

3. Piece Slide
otomotifnet.com

Setelah membahas part dengan harga yang lumayan mahal sekarang kita akan bahas part yang ukuran nya sebesar jari orang dewasa, nama nya piece slide bentuknya kecil namun tahukah anda bahwa spare part kecil ini punya pengaruh besar sama halnya part part yang lainnya. Pasti kalian mengerti cara kerja pulley depan, yang tepatnya pada rumah roller tersebut.
Piece slide berfungsi mengunci roller agar tetap pada trek ayunnya, sebaliknya apabila piece slide sudah menunjukan gejala sudah seperti digambar, maka pada saat perutaran nya akan memberi feedback pada rumah roller. Cara memerisanya yakni dengan mengecek apakah piece side masih mencengkram rumah roller tsb, bila sudah goyang atau sudah tidak presisi maka gantilah dengan yang baru.


otomotifnet.com

Masukan komentar di bawah, mari berdiskusi.
Sekian yang bisa admin sampaikan, mewakili keluarga kecil Vario Rider Society Kuningan
Selamat malam.

#Nb: 
  • Terima kasih kepada sumber/pemilik hak atas gambar gambar diatas, klik sumbernya untuk informasi lebih lengkap
  • Tidak ada unsur jiplak ataupun mencontek kata dalam penyusunan postingan. Materi yang dibahas murni karena pengalaman admin dan keluarga keluarga VRS.
  • Apabila ada kesamaan kata maupun kalimat mohon dimaafkan mengingat materi ini sudah lumrah di dunia maya.



0 komentar: